Sunday, November 20, 2011

Memutar video dengan ekstensi flv, avi dan lainnya

Pernahkah anda ingin membuka video dengan ekstensi flv atau avi dengan menggunakan WMP (Windows Media Player) tetapi file tersebut tidak bisa terbuka ?

Mengapa hal itu terjadi ??
Itu terjadi karena setting default pada WMP tidak memenuhi codec untuk membuka file video jenis flv, avi, dan lainnya. 
 
Sebenarnya apa itu codec ? 
Definisi umum yang diketahui dari codec adalah sebuah jenis file yang digunakan untuk memainkan file audio atau video yang memiliki format lain seperti avi, 3gp, dsb. Namun hanya sedikit yang mengetahui arti codec yang sebenarnya. Codec adalah sebuah perangkat yang mampu melakukan encoding dan decoding sebuah signal digital. Istilah ini juga bisa disebut Compressor-Decompressor atau Coder-Decoder. Ada 3 jenis utama codec dengan fungsi masing-masing. Ketiga codec tersebut adalah Audio codec, Video codec dan Data Codec. Tetapi saya hanya akan membahas video codec.

Video codecs memiliki fungsi yang sama dengan audio codec, perbedaannya hanya codec ini berfungsi untuk file video. Karena perkembangan teknologi, kini data dapat disimpan dalam format digital, dibandingkan dengan teknologi terdahulu saat data hanya dapat disimpan pada pita, sebagai signal analog. Dengan adanya video codec sekarang kita dapat menonton file video dalam berbagai format berbeda. 

Setelah kita mengetahui apa itu codec kemudian dimana kita bisa mendapatkannya ?
Kita bisa mendapatkannya lewat suatu software bernama K-Lite Codec Pack Mega. Dalam software ini sudah tersedia banyak codec untuk memainkan video-video dengan sekali install. Dalam software tersebut juga terdapat program untuk membuka videonya yaitu Media Player Classic.
 

No comments:

Post a Comment