Sunday, November 20, 2011

Tutorial Dasar CorelDraw X4 Part.1

Sebelum kita menggunakan CorelDraw kita perlu mengenal dulu apa itu CorelDraw ?
CorelDraw adalah suatu software pengolah grafik berbasis vektor yang dibuat oleh perusahaan Corel. Grafis terdiri dari 2 basis yaitu vektor dan bitmap. Perbedaannya adalah

Vektor
  1. Gambar tetap utuh pada saat diperbesar.
  2. Tersusun dari kurva (path). Path terdiri dari garis (line segment) dan beberapa titik (node) atau disebut dengan anchor point.
  3. Gradasi warna harus dianalisis dulu oleh para desainer grafis.
  4. Tidak mengenal resolusi. Kualitas gambar tergantung pada point pembentuk path.
  5. Menyimpan gambar sesuai dengan software yang kita gunakan misalnya CorelDRAW dalam format berekstensi AI dan Macromedia Freehand.
  6. Nyaman dipakai untuk melayout halaman (teknik publishing), membuat font, dan ilustrasi.
Bitmap
  1. Gambar pecah saat diperbesar.
  2. Tersusun oleh selebaran bintik-bintik (piksel), beragam warna, piksel tersebar dalam pola grid.
  3. Gradasi warna lebih luwes dan nyata.
  4.  Semakin besar resolusi, semakin tinggi kualitas foto.
  5.  Mampu menyimpan gambar antar-format, yaitu JPEG, BMP, GIF, TIFF dan PNG.
  6.  Nyaman dipakai untuk gambar-gambar dengan efek bayangan (shading) yang halus.
Sekarang kita masuk ke dalam pengenalan software CorelDraw X4.
Dalam menu utama CorelDraw terdapat beberapa bagian menu untuk memudahkan user menggunakannya, yaitu :


  1. Menu Bar : Bagian yang berisi daftar menu perintah untuk menjalankan suatu perintah.
  2. Property Bar : Bagian yang berisi tombol-tombol perintah yang berhubungan dengan tombol yang terpilih pada bagian TOOLBOX dan berdasarkan objek yang aktif.
  3. Toolbar : Bagian yang berisi beberapa tombol perintah untuk menjalankan perintah-perintah umum yang yang akan dijalankan.
  4. Ruler : Garis mistar yang menunjukkan ukuran dan posisi objek dalam area gambar.
  5. Toolbox : Bagian yang berisi beberapa tombol perintah untuk membuat dan memodifikasi objek gambar.  
  6. Drawing Page : Bagian atau area gambar yang dapat digunakan untuk mengolah objek gambar.
  7. Drawing Windows : Bagian atau jendela gambar yang dapat digunakan untuk mengolah objek gambar (semua area diluar dari Drawing Page).
  8. Color Palette : Bagian yang berisi daftar warna untuk memberi warna pada objek gambar.
  9. Status Bar : Bagian yang menampilkan berbagai informasi, seperti jenis, ukuran, warna, isi, resolusi objek gambar, dan sekaligus menunjukkan posisi pointer mouse dalam area gambar.
  10. Page : Bagian atau halaman kerja yang berfungsi untuk menampung hasil desain objek gambar yang jumlahnya dapat dikurangi atau ditambah.
  11. Page Navigator : Bagian yang berisi tombol-tombol perintah untuk mengolah page, seperi memilih page aktif, memindah urutan page, menambah atau mengurangi jumlah page, dan mengganti nama page.
  12. Navigator : Bagian yang berfungsi untuk membuka tampilan kerja dalam ukuran kecil dan berfungsi untuk memindah fokus tampilan pada area gambar yang dikehendaki.
  13. Scrollbar : Garis penggulung tang terdiri dari vertikal dan horisontal.
  14. Title Bar : Judul program yang sedang aktif.

No comments:

Post a Comment